Sabtu, 17 November 2012

cara mengalahkan klub raksasa

Sedikit pelajaran dari sebuah game simulator menjadi manager suatu klub sepakbola, salah satu petunjuknya menjelaskan bahwa untuk mengalahkan tim besar atau setidaknya lebih besar dari team sepakbola yg kita latih, strategi yang paling efektif adalah bermain bertahan dan sesekali melakukan counter attack atau serangan balik cepat (kalo gak cepat, bukan serangan balik namanya :p), namun kalo boleh kutambahkan, ada satu hal yg juga penting dalam menerapkan strategi ini adalah KEBERUNTUNGAN. Yup, entah bagaimana bentuknya, suatu keberuntungan dalam sepakbola mutlak sangat dibutuhkan.

Begitulah yang terjadi pada pertandingan liga premier ahad dini hari tadi, salah satu klub raksasa dunia melawan klub yang biasa (baca: klub kecil), tak punya sejarah bagus kala melawan klub raksasa ini. Namun, apa yg diperagakan klub kecil ini sama seperti apa yang kusampaikan di awal. Bertahan dan sesekali melakukan serangan balik. Dengan 7 hingga 9 pemain berada di daerah pertahanan mereka menjadikan para pemain hebat di klub raksasa ini tak berkutik, para gelandang bingung memberi umpan, sedangkan para striker dijaga ketat dg masing2 pemain dijaga minimal 2 orang, mereka menjaga dengan sangat disiplin dan segera menutup ruang gerak para striker klub raksasa itu. Namun, apa klub raksasa ini tidak ada peluang sama sekali? Salah, ada banyak peluangnya, namun hanya mengalami 2 hal, jika tak bisa menyelesaikannya ya bisa dblok pertahanan, entah bek atau kiper dari klub kecil ini. Dalam statistik dari pertandingan dg cuaca cerah tersebut menunjukkan ada 13 penyelamatan dari sang kiper, termasuk beberapa penyelamatan gemilangnya (yg bisa saja menghasilkan gol bila tak didukung dengan performa gemilang pula, dan kupikir, sang kiper ini lah man of the match dari pertandingan ini sebagai hadiah dari penampilan gemilangnya di bawah mistar gawang)

Keasyikan menyerang, lewat serangan balik menyisir dari sisi kiri klub kecil ini, suatu umpan silang nan cantik berhasil disundul dan dikonversi menjadi gol. Stadion yang dipenuhi sekitar 28rb penonton itu bergemuruh, para pendukung tuan rumah bersuka cita karena klub kesayangannya bisa unggul terhadap klub raksasa ini. Pertandingan dilanjutkan, selama sisa pertandingan klub raksasa ini terus menekan, namun tetap saja tak bisa menghasilkan sebiji gol pun walau telah mengganti beberapa pemain yg dianggap kurang memberikan kontribusi. Bahkan si klub kecil ini bisa saja menambahkan 1 gol lagi di penghujung laga andai saja pemain klub kecil ini bisa lebih tenang dalam penyelesaian akhirnya. Kembali lewat serangan balik, pemain yg tinggal berhadapan dengan kiper menendang bola dengan terburu2 yg hanya menghasilkan suatu tendangan gawang bagi klub raksasa itu.

Akhirnya, pertandingan usai dan kemenangan 1-0 buat klub kecil ini. Para pendukung berteriak, bernyanyi, melompat2 kegirangan menyambut kemenangan ini. Bagi mereka, kemenangan ini bukan hanya berarti mendapatkan 3 point untuk memperbaiki posisi mereka di liga, akan tetapi mereka juga berhasil mencatatkan sejarah kalo klub kecil mereka pernah mengalahkan klub raksasa. Yah, begitulah sepakbola, hasil akhir tak bisa dihitung dg skill pemain, kondisi lapangan atau sesuatu apapun juga. Wallahu 'alam

2 komentar:

  1. ahahhaa... sampai ulun terbangun gegara gemuruh supporter tuan rumah di akhir pertandingan dan kemudian masang status pukpuk MU. Maaf kaaa... nyebut merk :p

    BalasHapus