Jumat, 02 November 2012

Prinsip kerjaanku

Hari2 bagai berlari dengan cepatnya, Malam ini, saat musim hujan mulai menyapa kota kami, tepatnya udah 2 November dan tak terasa udah hampir berganti tahun lagi..

Mungkin tanggal tersebut hanya merupakan tanggal buat si A, bisa juga jadi hari bersejarah buat si B, hari dimana telah terjadi kenangan baik, buruk atau apapun itu, tiap2 kita pastinya memiliki hari khusus dimana kita terus buat mengingatnya...
Hemmm, kali ini sebenarnya bukan untuk mengenang suatu sejarah atau kenangan atau apapun itu, (lebih karena emang gak ada apa2 kok), hanya saja terhitung mulai besok, 3 November 2012 hingga 10 hari ke depan, mengharuskan aku meng-handle 2 project, dikarenakan teman dengan posisi yang sama untuk project ini sedang day off alias cuti..
Sebenarnya sih menurutku tidak ada kesulitan dalam mengerjakan tugasnya, hanya saja semua butuh waktu kan? mulai dari mengumpulkan data progress, menghitung dan menyusunnya hingga didata untuk di-update dalam suatu schedule project. Hanya itu sih inti dari pekerjaan sebagai seorang planner, yah, tentunya bila project sudah berjalan..Karena pada prinsipnya, tugas suatu planner dan project control adalah sebagai berikut:
  1. Sebelum dan permulaan project berjalan, si Planner bakal sibuk siapin schedule dan persiapan perhitungan progress pekerjaan projectnya (belum termasuk kalo si project menggunakan website progress yaa, mesti siapin data base-nya lagi..)
  2. Saat Project berjalan, seperti halnya sekarang ini, (yg harus ku-handdle), hanya mencari data progress termasuk foto2nya, membuat daily report, weekly report hingga monthly report yang tentu saja harus lengkap dengan progressnya, serta update schedule berdasarkan actual yang sudah berjalan
  3. Akhir Project (seperti halnya project yang lagi kupegang, walau sebenarnya akan ada sedikit pekerjaan yang tersisa - estimasi pekerjaan hanya 16 hari), membuat evaluation report, kapasitas pekerja, rekap pekerjaan hingga rekap cuaca selama pekerjaan. Parahnya lagi, yang diminta bisa hingga project yang sebelumnya (sebelum project yang hampir selesai ini)
Mungkin itu aja kali ya tulisan kali ini...hanya melatih menyampaikan apa yang ada dipikiran..(mengikuti apa yang disarankan bini juga sih..hihihi...)

Wassalam...

2 komentar:

  1. Dan kita ga bisa mudik ke Bpp sebelum si planner satunya on duty lagi ya @_@

    BalasHapus
  2. hehe, kita nikmati dulu aja ya sambil kembalikan kondisi badan, biar fit lagi...:)

    BalasHapus