Rabu, 14 November 2012

Libur 1 Muharram 1434 H

Hari libur ini bertepatan dengan tahun baru Islam 1434 H, libur nasional, termasuk bagi kami, pekerja di kontraktor migas bisa ikut mengambil libur bersama karyawan pemerintah, namun bedanya, jika besok bagi karyawan pemerintah itu adalah cuti bersama, yang menjadikannya libur kali ini jadi begitu panjang, namun tidak bagi kami, liburan ini hanya sehari, tepat dimana hari yang tercantum di kalender  tercetak jelas dengan warna merah. Satu syarat lagi adalah tidak ada pekerjaan urgent di pekerjaan ini, bagi kontraktor migas, tentu saja memiliki client dari perusahaan migas, karyawan mereka (yang ada di lokasi kerja, terutama di project) tidak mengenal itu, bagi mereka tak ada tanggal merah, hitam ataupun warna lainnya, walaupun lebaran sekalipun, jika terkena on, mereka harus tetap bekerja atau setidaknya standby di site office, bagi mereka hanya satu kata, day off , kerjaan mereka langsung digantikan dengan back to back dari masing2 posisi mereka.

Hari ini tak ada kerjaan urgent, jikalau ada masih bisa ditunda seiring dengan ditundanya keberangkatan kami ke site nanti, tarik ulur tentang schedule pekerjaan proyek ini sudah terjadi dalam 2 bulan terakhir, informasi dari client yaitu dari akhir bulan desember, bergerak ke akhir bulan november, awal desember hingga dikembalikan ke akhir desember dengan tanggal yang berbeda dari yg diajukan client kepada kami. Hal ini berkaitan dengan aktivitas RIG yang ada di lokasi kami tempat kami akan melaksanakan instalasi pipa ini. Jika masih ada aktivitas RIG, jangan harap kita bisa ke sana jika tak memiliki keperluan khusus, dengan keperluan khususpun jatah pekerja yang boleh masuk sangat terbatas. Parahnya lagi, keberadaan mereka disana sangat susah buat diprediksi, yang menjadikan perubahan jadwal ke laut menjadi tarik ulur tadi. Informasinya, kapan suatu RIG udah fix bisa keluar dari platform adalah H-3 atau 3 hari sebelum si RIG benar2 bisa keluar dari platform, jika belum, semua masih berupa prediksi. Pekerjaan di sana nanti dikasih jatah hanya 16 hari, boleh kurang namun tak bisa lebih karena sudah ada pekerjaan dari kontraktor lain yang juga harus dikerjakan di platform itu. Aah, lupakan dulu aja, ini masih pertengahan november, yg harus kusiapkan itu baru terpakai saat instalasi di platform itu.

Setelah kedatangan dari Barabai, teman yang juga planner, namun berbeda proyek juga ambil cuti, selama 11 hari, yang mengharuskanku mengambil perannya. Melewati 2 hari ahad kemarin di kantor cukup menjadikanku cukup lelah, apa mungkin karena masih terpengaruh dengan lelahnya perjalanan se malam penuh ya? Dan dilanjutkan ke kantor dan bekerja? Entahlah, yg jelas di libur 1 Muharram ini, planner yang harus kugantiin itu udah datang, pekerjaan fabrikasi yang beberapa pekan ini sudah mulai berjalan lagi itu udah selesai dikerjakan. Itu artinya hari ini udah bisa libur, sejenak bisa melupakan segala hitungan, update schedule, ambil foto progress, menunggu laporan dari site, membeli madu asli yg beberapa hari ini udah habis, ataupun mencari cempedak (kedua yg disebut terakhir itu mungkin bisa saja dikerjakan sore ini, itu kalo gak malas buat turunin sepeda motor dari dalam rumah, hehe), mencuci motor mungkin kutunda saat di bpp aja karena cuaca yg tak menentu, hujan dikit sudah cukup menempelkan tanah ke ban atau ke bagian motor lainnya yang terkena cipratan tanah akibat putaran ban itu, lupakan sejenak (jg) membaca novel, ini bisa jadi selingan yang juga bisa mengundang kantuk akibat mata lelah. Yang jelas inilah yang begitu kuinginkan dari saat kepulangan dari barabai dulu, tidur sepuasnya. Inilah yg hanya kulakukan sedari pagi, hanya tidur, download film sambil tidur dan diselingi baca novel dan kemudian tidur lagi..hehe..

Selamat berlibur semua..selamat tahun baru Islam 1 Muharram 1434 H yaa..

2 komentar:

  1. Ga jadi beli madu. Ga jadi beli cempedak. Hari ini motor ga keluar seharian. Rekor :)

    BalasHapus